Friday, May 18, 2012

Kenapa ya? Lampu ABS Nyala Terus

Jika lampu peringatan ABS menyala mengindikasikan terdapat kegagalan pada sistem ABS, Seharusnya masalah ini dengan mudah dapat dideteksi dengan menggunakan diagnostic tool. Karena kode error akan tersimpan pada memory komputer kendaraan dan dapat di enkripsi oleh diagnostic code yang kemudian di carikan solusi yang sesuai dengan kode error yang diberikan oleh diagnostic tool.

Beberapa hal yang dapat di lakukan jika lampu abs nyala terus:
1. Kalau memang sudah yakin tidak ada masalah pada sistem pengereman mobil Anda : Coba reset ECU dengan cara mencabut sekring ECU atau melepas kleman kepala aki selama kira-kira 15 menit.
2. Cek switch rem tangan dan level minyak rem yang terdapat di atas boster rem termasuk membersihkan switch level minyak rem.

Apabila kedua langkah di atas sudah dilakukan, namun lampu warning abs dan lampu warning rem tangan masih menyala menandakan masalah tersebut memang Ada.

Ketika warning light abs dan rem tangan menyala bersamaan kemungkinan ada masalah serius pada sistem pengereman Anda. Sebaiknya periksakan sekali lagi sistem rem mobil Anda ke bengkel langganan.

Sumber : http://danzi-oto.blogspot.com/2012/01/lampu-peringatan-abs-menyala-terus.html

Saya tambahkan dan tidak ada hubungan nya dengan lampu ABS nyala terus, tetapi ada seorang sahabat yang menanyakan tanpa di ketahui sebabnya lampu indikator cek engine Avanza nya nyala. Lampu cek engine pada mobil Avanza bergambar mesin dan berwarna kuning menyala tanpa di ketahui sebabnya dan tidak bisa mati.

Kemudian saya sarankan di coba dulu reset ecu sebelum analisa yang lebih jauh, dengan cara yang mudah yaitu lepas kepala Aki atau terminal aki untuk beberapa menit, setelah di pasang kembali aki, lampu gambar mesin pada mobil Avanza nya pun tidak nyala lagi saat mesin hidup.

2 comments:

  1. Knp ya? Indikator ABS nyala setelah pergantian lampu rem kedip Led, semua lampu dinyalakan. Tpi klo lampu rem dikembalikan kestandrt indikator ABS tdk menyala. Itu permasalahannya knp ya?

    ReplyDelete
  2. automotive diagnostic & system analysis www.obd2-code.com

    ReplyDelete