Wednesday, May 30, 2012

Mendeteksi Gejala Ball Joint Roda Bermasalah

Ball Joint pada mobil Toyota Innova
Ketika ball joint roda pada ARM sudah rusak atau oblag, maka gejala awal yang paling terasa adalah saat melibas jalan keriting atau bergelombang kasar. Sebab, akan menimbulkan bunyi kletek-kletek, dan roda pun terasa bergoyang. Otomatis getaran itu pun akan merambat sampai ke lingkar setir. Untuk memastikan pengecekan, lebih klop bila diikuti pengamatan terhadap permukaan ban.

Sebab, “Kalau ball joint sudah kena, camber pasti juga akan berubah. Bisa dilihat dari kondisi ban yang kemakan sebelah,” jelas Erwan dari workshop Aprilia Motor di kawasan Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Barat.

Lantas untuk memastikannya, coba dongkrak mobil sampai roda dapat berputar dengan bebas. Kemudian letakkan kedua tangan di posisi atas dan bawah roda dan mulai gerakkan dengan cara menarik dan mendorongnya. Kalau terasa sudah oblak, berarti prediksi kerusakan ball joint benar adanya. Solusinya, adalah ganti ball joint dengan yang baru.

Itulah artikel yang di ambil dari http://danzi-oto.blogspot.com/2011/11/deteksi-gejala-ball-joint-bermasalah.html

Catatan : cara di atas untuk periksa balljoint untuk mobil yang memiliki arm 2 yaitu arm atas dan bawah seperti roda depan Innova, gambar di atas.

Sambungan knuckle dengan shock absorber pada sedan

Sedangkan pemeriksaan gejala ball joint rusak untuk mobil dengan satu arm yaitu lower arm ( kaki udang ) seperti sedan dan ambil contoh avanza "tidak bisa di lakukan dengan cara meletakkan tangan di poisi atas dan bawah roda," kemudian di goyang-goyang tidak akan terasa oblag.

Sebabnya adalah karena knuckle tempat roda terpasang berpegang sangat kuat pada shock breaker.

Kalau terjadi oblag seperti saat melakukan pemeriksaan dengan menggoyang roda atas dan bawah untuk mobil sedan berarti bearing roda yang rusak atau support shock breaker rusak pada bearing support shock.

No comments:

Post a Comment