Tuesday, May 15, 2012

Rush Terios Tersendat Bukan Karena Gaya Mengemudi

Rush-Terios Tersendat Cuma Karena Gaya Mengemudi yang Salah? itulah kira - kira sepenggal judul atikel yang di petik dari http://danzi-oto.blogspot.com/2011/07/rush-terios-tersendat-cuma-karena-gaya.html dan berikut kutipan artikel tersebut.

Toyota rush dan daihatsu terios
Beberapa pengguna Toyota Rush dan Daihatsu Terios sampai saat ini masih kebingungan mengenai apa penyebab dan akselarasi mobilnya yang tersendat-sendat. Jangan-jangan hanya karena gaya mengemudi yang salah?

"Itu bisa saja karena gaya nyetirnya yang salah. Sekarang, kalau di kecepatan sekitar 25 atau 30 km/jam tapi di posisi gigi 3, tenaganya kan kurang, otomatis jadi nyendat-nyendat mesinnya," papar kepala Bengkel Daihatsu Cokro Denpasar, Agustinus Karyono.

Sehingga, mungkin saja gejala tersendat-sendat yang dialami beberapa pemilik Rush Terios terjadi karena gaya menyetir mereka yang salah, dan bukan karena ada kesalahan atau cacat pada sistem mekaniknya.

"Toh sekarang, mau mobil apapun, selama cara nyetirnya seperti itu, pasti nyendat-nyendat. Apalagi bawa mobil kan tergantung feeling seseorang, dan pastinya berbeda-beda," timpal Agustinus.

Sekarang, tambah Agustinus, kalau diusahakan cara menyetirnya menyesuaikan tenaga mesin dengan posisi gigi, sehingga terjadi harmoniasasi antara kebutuhan tenaga pada kondisi jalan tertentu dan posisi gigi. "Dijamin, gejala tersebut tidak akan dirasakan," cetusnya.

Tapi kalau memang gejala menyetirnya yang salah, kenapa banyak yang mengalaminya ya? menjadi suatu pertanyaan yang menantang untuk di cari penyebab nya.

Berikut analisa dari Tips Otomotif Qita tentang Rush dan Terios Tersendat:

Rush dan terios menerapkan teknologi mesin modern yang sama teknologi variable valve timing intelegent atau vvt-i.

Mesin nyendat identik dengan 3 hal utama:
1.Pengapian
2.Suply Bahan Bakar
3.Gaya mengemudi

Berdasarkan pengalaman admin tips otomotif qita, mesin vvt-i yang merupakan teknologi toyota memerlukan kondisi busi yang prima dan tidak terdapat kebocoran pada sistem pengapian terutama busi.

Kondisi busi yang memang sudah waktunya di ganti atau tidak prima lagi ini berakibat pada :
mesin nyendat saat panas,
mesin tersendat-sendat saat akselerasi,
mesin tersendat saat naik di tanjakan,
mesin tersendat ketika mobil membawa beban berat,
serta mesin tersendat saat kecepatan tinggi di atas 80 km perjam.
Gejala mesin nyendat atau tersendat ini tidak terasa saat mesin di gas di tempat atau posisi mobil diam.

Terdapat beberapa langkah yang bisa di lakukan untuk mengatasi nya:
1. Bersihkan busi dan rapatkan celah busi menjadi sekitar 0,6 sampai 0,7 milimeter dengan menggunakan fuller gauge.
2. Jika Langkah Pertama di atas tidak juga menyelesaikan masalah ganti semua busi dengan busi yang baru, dan kebanyakan masalah mesin tersendat ini teratasi dengan cukup mengganti busi, hal ini pun tidak terbatas hanya untuk terios dan rush.

Semoga bermanfaat.

Lihat juga : Jika Cup Ignition Coil Rusak juga bisa menyebabkan mesin tersendat atau mesin merebet yang di sebabkan oleh kerusakan injektor pada mesin mobil injeksi.

No comments:

Post a Comment