Tuesday, June 26, 2012

Kelistrikan Lampu Depan Mobil Redup Sebelah

Lampu depan redup sebelah
Lampu depan mobil atau Headlamps Redup Sebelah
Lampu headlamps atau lampu depan redupLampu depan mobil,lampu besar atau headlamps redup sebelah biasa ditemukan pada mobil dengan sistem kelistrikan lampu mobil tertentu.

Jadi tidak semua sistem kelistrikan lampu mobil akan ditemukan lampu nyala redup pada salah satu lampu depan baik headlamp kiri atau headlamp kanan.

Penyebab putus sekering lampu depan
Lampu depan mobil atau headlamps redup sebelah bisa di temukan pada kebanyakan mobil toyota yang di sebabkan oleh putus nya salah satu sekring headlamps atau putusnya sekering lampu depan.

Jika yang redup headlamp kiri, putus sekring adalah sekring untuk headlamp kiri. Jika yang redup headlamp kanan maka yang putus adalah sekering headlamp kanan. Tips kelistrikan lampu mobil untuk mengatasi headlamps redup sebelah adalah dengan mengganti sekring headlamps yang putus.

Penyebab putus nya sekering headlamps ini bukan berarti terdapat short atau konslet pada sistem kelistrikan lampu mobil, tetapi terlebih di sebabkan oleh usia bohlam H4 yang sudah lama atau kemungkinan sekering lampu longgar sehingga tidak terkoneksi baik hubungan sekering dengan soket sekring.

Indikator lampu jauh nyala redup
Indikator lampu atas atau lampu jauh ikut nyala tetapi redup
Tanda lain yang bisa di lihat dari indikator dashboard kalau sekring lampu depan putus adalah saat menyalakan lampu depan bagian bawah atau lampu dekat adalah indikator lampu atas di dashboard atau indikator high beam ikut nyala, tetapi terlihat redup.

Cara Mengatasi Lampu Depan atau Headlamps Redup Sebelah

Cara ganti sekring mobilUntuk mengatasi lampu depan redup sebelah atau lampu yang satu nyala redup dan yang satu lagi nyala terang dengan cara mengganti sekering lampu mobil yang putus.

Untuk mengganti sekering lampu mobil yang putus bisa ambilkan dari sekering cadangan atau spare yang biasa terdapat di rumah sekering tersebut. Sekering cadangan atau spare posisinya bisa dilihat pada tutup box sekring.

Analisa kenapa lampu depan redup sebelah adalah sebagai berikut:
Skema diagram kelistrikan headlamp soluna vios - klik gambar untuk perbesar
Ketika lampu dekat di nyalakan, pada headlamp kiri arus listrik akan mengalir menuju ground melewati saklar kombinasi ,(lihat panah biru).Sehingga lampu besar kiri pada lampu dekat akan menyala terang.
Sedangkan pada pada lampu jauh kiri juga mengalir arus listrik (lihat panah warna merah) terus ke titik A, kemudian arus listrik mengalir menuju filamen bohlam H4 lampu jauh sebelah kanan terus menuju filamen H4 lampu dekat kanan kemudian ke ground lewat saklar kombinasi.

Kalau di perhatikan secara seksama lampu depan redup saat lampu nyala akan terlihat kedua filamen lampu H4 baik atas atau bawah akan terlihat nyala bersamaan untuk headlamp kanan. Begitu juga dengan headlamp kiri, pada filamen lampu jauh juga menyala tetapi terlihat redup.

Untuk mengganti sekring mobil dan kode warna serta ukuran ampere sekring yang digunakan pada sekring mobil lihat di fungsi sekring mobil.

Lihat juga berbagai diagram kelistrikan lampu mobil di skema rangkaian listrik atau diagram kelistrikan lampu mobil.

No comments:

Post a Comment